welcome...

Sugeng Rawuh kagem sadaya...
monggoh pinarak...

Selasa, 24 Juni 2014

Menguliti Situs Palsu BlackBerry

Penipu zaman sekarang tak cuma bermodal pulsa. Situs abal-abal beserta kontennya pun sudah dipersiapkan dengan baik guna mendukung aksi tipu-tipunya. Seperti yang dilakukan penipu yang mengatasnamakan undian berhadiah BlackBerry berikut ini. Bermodal pesan yang meyakinkan mereka mencoba peruntungan untuk mengelabui korban. 

Tak lupa di dalamnya disertakan pula ID pemenang abal-abal beserta alamat situs yang telah disiapkan pelaku.Nah, saat disambangi, situs tersebut tentu sudah mempersiapkan diri. Dikemas sedemikian rupa, namun pada akhirnya adalah calon korban bakal menemukan ID yang diterimanya jadi salah satu pemenang yang berhadiah mobil.Di pesan yang diterima calon korban, alamat situs ini tertulis www.blackberry.id.ai, namun saat dicek langsung TKP, topeng situs ini pun terbongkar, alamat sebenarnya adalah http://idrimblackberrytbk.webs.com. 

Sekilas, tampilan situs ini tampak meyakinkan dan menjiplak sedikit desain yang ada di situs resmi BlackBerry Indonesia yang beralamat di www.id.blackberry.com. Di halaman utama situs palsu ini, dihiasi deretan handset BlackBerry dan sejumlah menu yang lagi-lagi begitu meyakinkan. Sementara menu utama cuma ada empat pilihan: Home, Daftar Pemenang Undian, Perangkat Lunak, dan Lokasi Penjualan. Seluruhnya bisa diklik, namun cuma berisi konten seadanya. Dan ketika kita coba memilih 'upgrade software' (perbaharui sekarang), ujung-ujungnya bakal balik lagi ke halaman utama.

Begitu juga menu informasi lainnya, mulai dari daftar kontak, keterangan perusahaan, kebijakan privasi, dan lainnya. Semuanya memang terpampang, namun tidak bisa diakses (diklik), sekadar pajangan.Agar tampak lebih seperti undian sebenarnya, pelaku tak lupa menyertakan syarat dan ketentuan, tata cara pengambilan hadiah, dan foto yang ditulis sebagai Kepala Bagian Humas PT Research In Motion Limited lengkap beserta nomor teleponnya.


Di sinilah sejatinya undian yang dilakukan jelas-jelas sekadar dagelan penipuan. Pertama, saat ini sudah tidak ada lagi perusahaan bernama Research In Motion (RIM). Pasalnya, RIM sudah berganti nama jadi BlackBerry!
Kedua, alamat kantor BlackBerry (di situs palsu ini masih disebut RIM) yang disebutkan juga salah besar. Termasuk foto kantornya.Ketiga, dan ini yang paling menggelikan, yaitu foto yang disebutnya sebagai Kepala Bagian Humas bernama Drs. H. Agung Efendi. Sejatinya ini adalah foto salah satu mantan petinggi BlackBerry Indonesia yang sekarang sudah hijrah ke salah satu operator telekomunikasi. Sudah pasti, namanya bukan Drs. H. Agung Efendi alias asal comot!

sumber : http://inet.detik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar