welcome...

Sugeng Rawuh kagem sadaya...
monggoh pinarak...

Selasa, 24 Juni 2014

Apa itu PHP?

PHP Pertama kali ditemukan pada 1995 oleh seorang Software Developer bernama Rasmus Lerdrof.  Ide awal PHP adalah ketika itu Radmus ingin mengetahui jumlah pengunjung yang membaca resume onlinenya. script yang dikembangkan baru dapat melakukan dua pekerjaan, yakni merekam informasi visitor, dan menampilkan jumlah pengunjung dari suatu website. Dan sampai sekarang kedua tugas tersebut masih tetap populer digunakan oleh dunia web saat ini. Kemudian, dari situ banyak orang di milis mendiskusikan script buatan Rasmus Lerdrof, hingga akhirnya  rasmus mulai membuat sebuah tool/script, bernama Personal Home Page (PHP).

Yang menjadikan PHP berbeda dengan HTML adalah proses dari PHP itu sendiri.

HTML merupakan bahasa statis yang apabila kita ingin merubah konten/isinya maka yang harus dilakukan pertama kali nya adalah, membuka file-nya terlebih dahulu, kemudian menambahkan isi  kedalam file tersebut. Beda hal nya dengan PHP. Bagi yang pernah menggunakan CMS seperti wordpress atau joomla yang dibangun dengan PHP tentunya, ketika akan menambahkan konten kedalam website, masuk kedalam halaman admin, kemudian pilih new artikel untuk membuat halaman/content baru. Artinya hal ini, seorang user tidak berhubungan langsung dengan scriptnya. Sehingga seorang pemula sekalipun dapat menggunakan aplikasi seperti itu.

Struktur halaman php bentuknya :
// syntax php di letakkan di sini ... //
kode php di akhiri dengan ';'
?>
Untuk mengetikkan baris code php, maka perlu mengapitnya dengan tag karena di luar dari itu php engine tidak menganggapnya sebagai script php, melainkan hanya html biasa.
Integrasi HTML dan PHP , selain berdiri sendiri PHP pun dapat di integrasikan dengan HTML.
Latihan
echo "Ini Script PHP di dalam tag HTML";
?>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar