welcome...

Sugeng Rawuh kagem sadaya...
monggoh pinarak...

Selasa, 24 Juni 2014

Membedakan Windows Asli dan Bajakan

Peredaran software Windows bajakan masih marak terjadi di Indonesia. Bahkan dianggap sudah berkualitas tinggi dan menyerupai aslinya. Bagaimana cara membedakannya?Ronald A Schwarz, konsultan Microsoft mengatakan, dari tampilan wadahnya, baik yang asli maupun yang bajakan nyaris tidak ada bedanya. Hanya saja pada bagian belakang kamasan pack yang asli terdapat stiker dari importir resmi, sementara pack bajakan tidak memilikinya.Selain dari paket kemasan, di bagian kepingan CD ada perbedaan yang bisa dilihat. Menurut Ronald, meski sudah berkualitas tinggi, kepingan CD software bajakan masih belum mampu membubuhkan beberapa 'identitas' kepingan asli berupa hologram yang menyatu di tepi luar dan dalam CD.

Selain itu terkadang penjual perangkat komputer juga menawarkan instalasi Windows kepada pembeli secara cuma-cuma atau hanya membayar murah, semisal Rp 50 ribu. Nah, penawaran dari penjual seperti ini patut dicurigai palsu. Pihak Microsoft mencium peredaran software Microsoft Windows 7 palsu di beberapa daerah sejak akhir tahun 2013 lalu.

Kemudian Microsoft melakukan survei pasar di tiga kota yaitu Semarang, Jakarta, dan Bandung. Di Semarang, Dit Reskrimsus Polda Jateng menyita 27 pack Software Microsoft Windows 7 bajakan dari tiga toko."Di Bandung total 80 keping, Jakarta dari delapan toko sekitar 80 keping juga," tegasnya.Jonathan Selvasegaram dari Microsoft Digital Crimes Unit mengatakan software dijual kepada konsumen dan pebisnis dan sudah memakan banyak korban penipuan itu sehingga membuat sistem TI mereka masuk dalam risiko keamanan.

"Konsumen harus lebih waspada dalam melakukan pembelian perangkat lunak atau komputer baru mereka," kata Jonathan.Dari segi harga Software Mocrosoft Windows 7 bajakan dijual dengan harga mulai Rp 650 ribu hingga Rp 950 ribu, sedangkan software asli antara Rp 1,14 juta hingga Rp 1,86 juta.

sumber : http://inet.detik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar