welcome...

Sugeng Rawuh kagem sadaya...
monggoh pinarak...

Selasa, 24 Juni 2014

Mengenal HTML

Hyper Text Markup Language atau HTML adalah bahasa yang digunakan pada dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web. Struktur dokumen HTML terdiri tag pembuka dan tag penutup. Html versi 1.0 dibangun oleh W3C , dan terus mengalami perkembangan. Sampai saat ini HTML teakhir adalah versi 5.0. Struktur dokumen HTML sebagai berikut:

           
                       
         
         

Struktur diatas adalah satu kesatuan yang harus ada dalam setiap dokumen HTML. Dokumen HTML terdiri dari komponen yaitu tag, elemen, dan atribut. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing komponen tersebut.
Ø Tag
Adalah tanda awal < dan tanda akhir > yang digunakan sebagai pengapit suatu elemen.Tag pada elemen pembuka diawali dengan tanda < dan diakhiri dengan tanda >. Sedangkan untuk elemen penutup diawali dengan tanda < dan / kemudian diakhiri dengan tanda >. Untuk penulisan tag elemen tunggal cukup menuliskan tanda < dan sebelum tanda > ditambahkan tanda /. Berikut contoh  penulisan Tag.


                                                Tag Elemen Pembuka HEAD
 
                                             Tag Elemen Penutup HEAD
                         Tag Elemen Tunggal

Ø Elemen
Adalah nama penanda yang diapit oleh tag yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu pda dokumen HTML. Elemen dapat memiliki elemen anak dan juga  nilai. Elemen anak adalah suatu yang berada didalam elemen pembuka dan elemen penutup induknya. Nilai yang dimaksud adalah suatu teks atau karakter yang berada diantara elemen pembuka dan elemen penutup. Berikut contoh elemen:

                                                Elemen HEAD
                                               Elemen Anak dari Elemen HEAD                  Judul Dokumen                 Nilai dari Elemen TITLE<o:p></o:p></span></p> <p class="MsoNormal" style="margin-bottom:0cm;margin-bottom:.0001pt;text-align: justify;line-height:150%"> <span style="font-size: 12pt; line-height: 150%; font-family: 'Times New Roman', serif;">           


Ø Atribut

Adalah property elemen yang digunakan untuk mengkhususkan suatu elemen. Elemen dapat memiliki atribut yang berada pada tiap masing-masingnya. Pendefinisian nilai atribut hanya dapat dilakukan pada elemen pembuka. Untuk elemen dari tag yang memiliki atribut yang sama dengan induknya, namun nilai atribut tidak didenifisikan secara implisit maka nilai atribut elemen tersebut sama dengan nilai atribut pada tag induk atau istilah lainnya inherit. Sifat inherit tersebut tidak berlaku untuk atribut identitas, seperti atribut id dan name.

Berikut penjelasan aturan penulisan dokumen HTML:
-      -    Setiap nama tag elemen pembuka diawali dengan tanda < dan diakhiri tanda >.
-         - Setiap nama tag atau elemen penutup diawali dengan tanda < dan tanda / kemudian diakhiri tanda>.
-          -Untuk tag atau elemen yang berdiri sendiri, cukup dengan menuliskan tanda <  dan diakhir tag atau elemen ditambahakan tanda / sebelum tanda >.
-        -  Penulisan nama tag atau elemen atau atribut dapat menggunakan huruf besar maupun huruf kecil (tidak case sensitive).
-        -  Penulisan nilai pada atribut diawali dengan tanda “ dan diakhiri tanda “ .
-           -Urutan struktur dokumen setelah tag sebaiknya dimulai kemudian , jika tag mendahului tag secara aturan tidak mengubah atau menyalahi struktur dokumen HTML, namun agar urutan disesuaikan seperti diatas agar mudah dalam membaca dokumen HTML.
-         - Penulisan komentar pada dokumen HTML diawali tanda  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar