welcome...

Sugeng Rawuh kagem sadaya...
monggoh pinarak...

Kamis, 08 Maret 2012

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

   Manusia merupakan makhluk hidup yang  diciptakan oleh Allah Swt dan merupakan makhluk paling sempurana.  Berasal dari saripati tanah, lalu menjadi nutfah, alaqah, dan mudgah sehingga akhirnya menjadi makhluk yang paling sempurna yang memiliki berbagai kemampuan. Dan terdiri atas mahluk material dan mahluk spiritual. Manusia tidak tinggal diam karena manusia sebagai dinamika selalu mengaktivisasikan dirinya. Kebudayaan bersifat tidak statis tetapi dinamis,yang mengandung pengertian yaitu perubahan dan perkembangan kebudayan akan terus berjalan seiring  dengan perkembangan pikiran manusia.

   Budaya ada karena  interaksi antara manusia dengan segala penghuni dunia ini. Manusia di ciptakan oleh Allah SWT  dengan dilengkapi  akal pikiran, intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku.  Dengan semua kemampuan yang dimiliki maka manusia bisa menciptakan kebudayaan dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka bumi ini. Ada hubungan antara manusia dan kebudayaan. Yaitu kebudayaan adalah produk manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan .Manusia yang menciptakan kebudayaan dan hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya. Manusia sebagai pendudukung sehingga kebudayaan akan terus bergulir.

   Perkembangan  kebudayaan  meliputi perasaan  suatu bangsa yang kompleks. Kompleksitas perkembangan kebudayaan tersebut mencakup kepercayaani,moral,hukum,adat istiadat (kebiasaan ), pengetahuan, seni, dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat. Kalau dihubungkan dengan ilmu budaya dasar,kebudayaan itu sebenarnya mengandung arti penciptaan,penertiban,dan pengolahan nilai-nilai insani tercakup di dalamnya usaha memanusiakan diri di dalam alam lingkungan,baik fisik maupun sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar