KONFLIK ORGANISASI
Konflik
 adalah suatu proses antara dua orang atau lebih dimana salah satu pihak
 berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkannya atau 
membuatnya menjadi tidak berdaya.
Konflik
 itu sendiri merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat maupun
 yang tidak pernah mengalami konflik antar anggota atau antar kelompok 
masyarakat lainnya, konflik itu akan hilang bersamaan dengan hilangnya 
masyarakat itu sendiri.
Konflik
 yang dapat terkontrol akan menghasilkan integrasi yang baik, namun 
sebaliknya integrasi yang tidak sempurna dapat menciptakan suatu 
konflik.
Konflik menurut Robbin
konflik organisasi menurut Robbins (1996) adalah suatu
 proses interaksi yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian antara dua 
pendapat (sudut pandang) yang berpengaruh terhadap pihak-pihak yang 
terlibat baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif.
Pandangan ini dibagi menjadi 3 bagian menurut Robbin yaitu :
1.Pandangan tradisional
Pandangan
 ini menyatakan bahwa konflik itu hal yang buruk, sesuatu yang negatif, 
merugikan, dan harus dihindari. Konflik ini suatu hasil disfungsional 
akibat komunikasi yang buruk, kurang kepercayaan, keterbukaan diantara 
orang-orang dan kegagalan manajer untuk tanggap terhadap kebutuhan dan 
aspirasi para karyawan tersebut.
2.Pandangan kepada hubungan manusia.
Pandangan
 ini menyatakan bahwa konflik dianggap sebagai sesuatu peristiwa yang 
wajar terjadi didalam suatu kelompok atau organisasi. Konflik dianggap 
sebagai sesuatu yang tidak dapat dihindari karena didalam kelompok atau 
organisasi pasti terjadi perbedaan pandangan atau pendapat. Oleh karena 
itu, konflik harus dijadikan sebagai suatu hal yang bermanfaat guna 
mendorong peningkatan kinerja organisasi tersebut.
3.Pandangan interaksionis.
Pandangan
 ini menyatakan bahwa mendorong suatu kelompok atau organisasi 
terjadinya suatu konflik. Hal ini disebabkan suatu organisasi yang 
kooperatif, tenang, damai dan serasi cenderung menjadi statis, apatis, 
tidak aspiratif dan tidak inovatif. Oleh karena itu, konflik perlu 
dipertahankan pada tingkat minimum secara berkelanjutan sehingga tiap 
anggota di dalam kelompok tersebut tetap semangat dan kreatif.
Jenis – Jenis Konflik :
Ada lima jenis konflik dalam kehidupan organisasi :
1. Konflik dalam diri individu, yang terjadi bila seorang individu menghadapi ketidakpastian tentang pekerjaan yang dia harapkan untuk melaksanakannya. Bila berbagai permintaan pekerjaan saling bertentangan, atau bila individu diharapkan untuk melakukan lebih dari kemampuannya.
Ada lima jenis konflik dalam kehidupan organisasi :
1. Konflik dalam diri individu, yang terjadi bila seorang individu menghadapi ketidakpastian tentang pekerjaan yang dia harapkan untuk melaksanakannya. Bila berbagai permintaan pekerjaan saling bertentangan, atau bila individu diharapkan untuk melakukan lebih dari kemampuannya.
2. Konflik antar individu dalam organisasi yang sama, dimana hal ini sering diakibatkan oleh perbedaan–perbedaan kepribadian.Konflik ini berasal dari adanya konflik antar peranan ( seperti antara manajer dan bawahan ).
3. Konflik antar individu dan kelompok, yang berhubungan dengan cara individu menanggapi tekanan untuk keseragaman yang dipaksakan oleh kelompok kerja mereka. Sebagai contoh, seorang individu mungkin dihukum atau diasingkan oleh kelompok kerjanya karena melanggar norma – norma kelompok.
4. Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama, karena terjadi pertentangan kepentingan antar kelompok atau antar organisasi.
5. Konflik antar organisasi, yang timbul sebagai akibat bentuk persaingan ekonomi dalam sistem perekonomian suatu negara. Konflik ini telah mengarahkan timbulnya pengembangan produk baru, teknologi, dan jasa, harga–harga lebih rendah, dan penggunaan sumber daya lebih efisien.
Sumber-Sumber Utama Penyebab Konflik Organisasi
Penyebab terjadinya konflik dalam organisasi, yaitu :
1. Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan,
1. Perbedaan individu, yang meliputi perbedaan pendirian dan perasaan,
2. Perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda pula,
3. Perbedaan kepentingan individu atau kelompok,
4. Perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat, dan 
5. Perbedaan pola interaksi yang satu dengan yang lainnya.
Teknik-Teknik Utama Untuk Memecahkan Konflik Organisasi
Ada beberapa cara untuk menangani konflik yaitu :
1. Introspeksi diri,
2. Mengevaluasi pihak-pihak yang terlibat,
3. Identifikasi sumber konflik,
Spiegel (1994) menjelaskan ada lima tindakan yang dapat kita lakukan dalam penanganan konflik :
a. Berkompetisi
Tindakan
 ini dilakukan jika kita mencoba memaksakan kepentingan sendiri di atas 
kepentingan pihak lain. Pilihan tindakan ini bisa sukses dilakukan jika 
situasi saat itu membutuhkan keputusan yang cepat, kepentingan salah 
satu pihak lebih utama dan pilihan kita sangat vital. Hanya perlu 
diperhatikan situasi menang – kalah (win-lose solution) akan terjadi 
disini. Pihak yang kalah akan merasa dirugikan dan dapat menjadi konflik
 yang berkepanjangan. Tindakan ini bisa dilakukan dalam hubungan atasan 
bawahan, dimana atasan menempatkan kepentingannya (kepentingan 
organisasi) di atas kepentingan bawahan.
b. Menghindari konflik
Tindakan ini dilakukan jika salah satu pihak menghindari dari situsasi
tersebut secara fisik ataupun psikologis. Sifat tindakan ini hanyalah
menunda konflik yang terjadi. Situasi menang kalah terjadi lagi disini.
Menghindari
 konflik bisa dilakukan jika masing-masing pihak mencoba untuk 
mendinginkan suasana, mebekukan konflik untuk sementara. Dampak kurang 
baik bisa terjadi jika pada saat yang kurang tepat konflik meletus 
kembali, ditambah lagi jika salah satu pihak menjadi stres karena merasa
 masih memiliki hutang menyelesaikan persoalan tersebut.
c. Akomodasi
Yaitu jika kita mengalah dan mengorbankan beberapa kepentingan sendiri
agar pihak lain mendapat keuntungan dari situasi konflik itu. Disebut juga
sebagai self sacrifying behaviour. Hal ini dilakukan jika kita merasa bahwa
kepentingan pihak lain lebih utama atau kita ingin tetap menjaga hubungan baik dengan pihak tersebut.
Pertimbangan antara kepentingan pribadi dan hubungan baik menjadi hal
yang utama di sini yaitu : 
d. Kompromi
Tindakan
 ini dapat dilakukan jika ke dua belah pihak merasa bahwa kedua hal 
tersebut sama –sama penting dan hubungan baik menjadi yang utama.
Masing-masing pihak akan mengorbankan sebagian kepentingannya untuk mendapatkan situasi menang-menang (win-win solution).
e. Berkolaborasi
Menciptakan situasi menang-menang dengan saling bekerja sama.
Pilihan
 tindakan ada pada diri kita sendiri dengan konsekuensi dari 
masing-masing tindakan. Jika terjadi konflik pada lingkungan kerja, 
kepentingan dan hubungan antar pribadi menjadai hal yang harus kita 
pertimbangkan.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar